Buka Banyak Kesempatan dengan Jago Bahasa Asing

"Percaya nggak kalau jago bahasa asing bisa membuka banyak kesempatan dalam hidup kamu?"


Mulai dari kesempatan untuk memperoleh beasiswa pendidikan ke luar negeri, pekerjaan dan karir yang lebih baik, kesempatan punya penghasilan tambahan, bisa punya banyak kenalan dari berbagai negara, jalan-jalan ke luar negeri dengan rasa percaya diri, dan banyak kesempatan-kesempatan baru lainnya hanya dengan modal jago bahasa asing. Minimal bahasa inggris deh.


Jujur, Saya sendiri sudah banyak menikmati manfaat dari bisa berbahasa inggris. Semasa kuliah, Saya beberapa kali mendapatkan kesempatan ke luar negeri melalui beasiswa untuk keperluan akademik. Mulai dari konferensi international, pertukaran mahasiswa, kursus singkat tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun. Modal saya hanya kemampuan bahasa inggris seadanya. Menurut pengamatan saya, sebenarnya banyak mahasiswa yang lebih pintar dari Saya pada saat itu. Namun, banyak diantara mereka yang lemah dalam kemampuan bahasa dan tidak minat belajar meningkatkan skill bahasa asing. Alhasil, banyak peluang emas yang terlewatkan.


Setelah memasuki dunia kerja, Saya juga merasakan hal yang sama. Saya selalu setingkat lebih maju dibandingkan rekan-rekan yang tidak mau mengasah kemampuan bahasa asing. Penawaran-penawaran untuk pengembangan diri pegawai atau training ke luar negeri sudah pasti mensyaratkan kemampuan bahasa inggris. 


So, you must prepare! Apalagi, saat ini kita sudah berada di era globalisasi dimana sekat-sekat negara kian kabur dengan pertumbuhan teknologi komunikasi yang semakin canggih dan membentuk fenomena Global Village atau Desa Global. Dimana masing-masing kita merupakan bagian dari warga Desa Global tersebut atau disebut juga dengan Global Citizen. Untuk bisa bertahan dan eksis dalam tatanan dunia yang semakin maju dan tumbuh dengan cepat ini, bahasa inggris menjadi kemampuan yang paling wajib kita kuasai. 


Pengen Bisa Bahasa Inggris, Tapi...


Menurut pengalaman di sekeliling saya, banyak sekali orang yang mengaku sangat berkeinginan bisa bahasa inggris. Sayangnya, banyak diantara mereka yang bingung harus mulai dari mana, sudah merasa terlambat, nggak punya waktu buat kursus, susah dan sederet alasan lainnya. Di usia berapapun kamu saat ini dan apapun kesibukan kamu saat ini, nggak ada kata terlambat dan sia-sia untuk belajar bahasa asing. Lebih cepat kamu memulai, lebih baik.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.